Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Steak

  • Selasa, 09 November 2010
  • hana tarizkha coganuli
  • Label:
  • sirlon steak

    Steak adalah potongan daging  yang dipotong secara tegak lurus dengan serat otot, untuk meningkatkan kelembutan dan keempukan daging. Di Amerika, steak biasanya disajikan dengan cara dipanggang , ditumis , atau dikukus . Daging yang biasanya di gunakan adalah daging pada bagian pinggang dan rusuk. 

    Broiled Steak - classic. Oh but to be a cow or steer, born so tasty... Now that water and land come at such a premium, luscious tender juicy steak may become much more rare and costly. The best steak in the world? Kobe or Wagyu Beef. The cattle are reared by hand, fed rich beer and the finest grains and grasses, and massaged regularly. For that reason, we recommend Kobe beef. Well cared for... perhaps for a feed animal, a life worth living.

    Jenis daging steak
    • Sirloin: Daging sirloin berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat daripada bagian lain yang umum dipakai untuk steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain. Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bisa dipotong lebih besar daripada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Harga Sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.
    • Tenderloin/filet mignon: Tenderloin berasal dari loin yang berada di depan sirloin dan di belakang tulang rusuk (rib). Daging tenderloin tidak bekerja keras sehingga tenderloin adalah bagian sapi yang paling lembut. Tenderloin berbentuk memanjang seperti ular dan untuk steak biasanya dipotong secara diagonal.
    • Top loin/Striploin: Daging sapi yang membungkus bagian tenderloin. Lebih lembut daripada sirloin, tetapi lebih keras daripada tenderloin.
    • T-Bone: Bagian ini sesuai namanya memiliki tulang yang berbentuk T yang dikelilingi oleh daging pada kedua sisinya. Pada sisi yang memiliki daging lebih sedikit adalah daging tenderloin dan di sisi lainnya yang memiliki daging lebih banyak adalah striploin.
    • Porterhouse: Porterhouse sama dengan T-Bone. Perbedaannya, porterhouse memiliki daging tenderloin lebih banyak daripada striploin.
    • Rib/tulang rusuk: Yaitu daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang rusuk. Steak rib disajikan bersama tulang rusuk. Jika tidak disajikan bersama tulang rusuk, maka namanya menjadi rib eye steak.
    Cara memasak
    • Well done: Steak yang dimasak well done tidak memiliki warna merah. Biasanya para penggemar steak tidak menginginkan steaknya dimasak well done. Suhu daging steak ketika selesai dimasak adalah sekitar 80 derajat Celcius. Steak yang dimasak pada kondisi ini lebih keras daripada medium atau rare karena kandungan air di dalam steak akan lebih banyak menguap.
    • Medium: Steak medium adalah cara memasak antara rare dan well done. Bagian tengah masih berwarna merah dan sisinya berwarna merah muda. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 70 derajat Celcius
    • Rare: Steak rare sebagian besar masih berwarna merah. Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 60 derajat Celcius.
     

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.

    My Playlist

    Lirik Lagu Indonesia Terbaru
    (c) Copyright 2010 See More... Blogger template by Bloggermint